HUT Pemadam Kebakaran dan Satpol PP Diperingati di Humbang Hasundutan


Doloksanggul (Protokol)

            HUT pemadam kebakaran ke-99, Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) ke-68 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-56 diperingati di Humbang Hasundutan bertempat di Kantor Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Selasa (10/4) dengan inspektur upacara Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE.

            Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengatakan upacara HUT pemadam kebakaran tidak hanya sekedar mengenang peristiwa tahun 1919. Dimana waktu itu masyarakat Batavia memberikan penghargaan dalam bentuk prasasti atas perjuangan Brandweer dalam memadamkan kebakaran besar di Jatinegara Jakarta. Namun merupakan upaya untuk lebih meningkatkan komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman dan dampak ikutan kejadian kebakaran. Memberikan perlindungan kepada masyarakat sesuai dengan nawa cita pertama yaitu menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman. Pemadam kebakaran bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif tetapi lebih dari itu berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan dan memberikan perlindungan masyarakat demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

            Sementara HUT Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sangat istimewa karena bersamaan waktunya dengan tahapan Pilkada serentak di 171 daerah yang meliputi 17 provinsi dan 154 kabupaten/kota di Indonesia.              Sehingga HUT Satpol PP dan Satlinmas bertema “Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018”. Tema ini merujuk kepada upaya peningkatan kesiapsiagaan serta keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas sebagai perangkat daerah yang turut memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018.  Jayalah Satpol PP dan Satlinmas.

            Dalam acara HUT itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE menyematkan pangkat purna bhakti kepada Mantan Kasat Pol PP Mangupar Manullang atau yang akrap dipanggil MPR Manullang.  Selanjutnya dilakukan devile Satuan Polisi Pamong Praja diterima Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit Amd, Kapolres Humbahas AKBP DR Dayan dan Pabung 0210/TU Mayor Inf Holden Gultom.

            Kemudian personil Satpol PP melakukan antraksi beladiri. Personil pemadam kebakaran melakukan atraksi cara memadamkan kebakaran akibat kebocoran tabung gas, kebakaran diakibatkan bahan bakar minyak dan simulasi pemadaman kebakaran gedung/rumah. (REL/Rukmunal H Siregar/Protokol)

Keterangan foto  :

PURNA BHAKTI: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE menyematkan pangkat purna bhakti kepada mantan Kasat Pol PP MPR Manullang dalam acara HUT Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan Satlinmas di Doloksanggul.