MUSRENBANG KECAMATAN ONAN GANJANG TAHUN 2018


Onan Ganjang, Pebruari 2018 (Sekretariat Kecamatan)

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas Desa di kecamatan.

Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya. Musrenbang kecamatan dilakukan setiap tahun dengan keluaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk Renja SKPD Kecamatan.

Pelaksanaan musrenbang di tingkat kecamatan adalah untuk memfasilitasi dan menyampaikan aspirasi masyarakat di tingkat kecamatan, khususnya di Kecamatan Onan Ganjang kepada pemerintah kabupaten.

“Program kegiatan yang diusulkan akan dibahas serta disusun menjadi prioritas. Inilah yang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah kabupaten untuk dilaksanakan pada tahun 2019, sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah,”.

Musrenbangcam di Kecamatan Onan Ganjang dilaksanakan pada Hari Rabu, Tanggal 21 Februari 2018, bertempat di Aula Kecamatan Onan Ganjang. Kegiatan dimulai pada Pukul 10.00 WIB dengan dihadiri oleh Muspika, Sekretaris Bappeda, Anggota DPRD, perwakilan desa, perwakilan UPTD, Tokoh Masyarakat dan Agama dan Organisasi Pemuda di Kecamatan Onan Ganjang.

Acara dibuka oleh Camat Onan Ganjang Rahmat Lumbantoruan,S.Pd , kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Anggota DPRD dan serta diskusi dan perumusan usulan kegiatan. Dalam sambutannya, Camat Onan Ganjang menyampaikan bahwa Musrenbang Desa telah selesai dilaksanakan dengan lancar dan sungguh-sungguh, sehingga diharapkan pada Musrenbang Kecamatan ini utusan dari setiap OPD Kecamatan Onan Ganjang agar memperhatikan setiap usulanya yang dibawa dari Desa maupun dari Unit Kerjanya masing masing benar benar yang sangat perioritas. Dalam Musrenbang Kecamatan ini, diharapkan partisipasi warga masyarakat untuk bersama-sama dapat merumuskan prioritas yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kabupaten.

Anggota DPRD yang hadir pada Musrenbang Kecamatan Onan Ganjang adalah Bapak Beresman Sianturi, Bapak Pantas Simanullang, Bapak Marolop Situmorang

Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Musrenbang Kecamatan ini merupakan forum yang penting karena merupakan forum yang bertujuan untuk menjaring usulan masyarakat. Dimana usulan tersebut akan menjadi bahan dalam perumusan Renja SKPD dan RKPD Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2019. Tanpa adanya usulan melalui dokumen-dokumen tersebut, maka kegiatan tidak akan dapat didanai oleh APBD. Sehingga masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk dapat memasukkan usulan dalam pembangunan desa.

Acara tersebut dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar, dan ditutup dengan resmi oleh Camat Onan Ganjang Rahmat Lumbantoruan,S.Pd dengan harapan semoga hasil Musrenbang Kecamatan kali ini dapat bermanfaat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh Masyarakat setempat demi kelangsungan hidup dalam sektor Pertanian dan Kesehatan.

 (Operator Kecamatan LPS)