Tim Pansel Serahkan Tiga Nama Calon Sekda Humbahas pada Wakil Bupati. * Dr RE Nainggolan MM : Penilaian Kami Secara Mandiri dan Obyektif


Medan (SIB) –Tim panitia seleksi (Pansel) calon Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) telah menyerahkan tiga nama calon Sekda kepada Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora. Penyerahan nama itu dilakukan anggota Tim Pansel Dr RE Nainggolan MM (anggota) mewakili Ketua Tim Pansel Ibnu Hutomo yang juga Plt Sekdaprovsu, didampingi Sekretaris Pansel Bonar Sirait (Kepala BPSDM Provsu), Kepala Kantor Regional VI BKN Medan, Prastyono C Yulianto (anggota Pansel) dan Artha Hutahean (anggota Pansel) dari akademisi di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Medan Jalan TB Simatupang Medan, Selasa (17/4).

 Dengan diserahkannya ketiga nama tersebut, kata RE Nainggolan, maka Wakil Bupati selanjutnya menyerahkannya lagi kepada Bupati Dosmar Banjarnahor kemudian Bupati memilih salah satu dari tiga nama tersebut untuk dilantik menjadi Sekda Humbahas defenitif.

“Dipilihnya Kantor Regional VI BKN Medan sebagai tempat penyerahan tiga nama ini, karena kantor ini adalah tempat kita menyeleksi nama-nama calon Sekda tersebut. Sekaligus untuk mengirit biaya seleksi, karena kalau kami semua datang ke Humbahas, Pemda akan mengeluarkan biaya mulai transpor, hotel dan lainnya,” katanya.

Dia mengatakan, dipilihnya mereka berlima sebagai Tim Pansel berdasarkan SK Bupati Humbahas. “Kami telah melakukan tahapan proses seleksi mulai sejak awal perencanaan sampai akhir. Antara lain mempersiapkan ketentuan-ketentuan tentang persyaratan menjadi Sekretaris Daerah dan itu diumumkan BKD Humbahas. Makanya yang mendaftar ada 12 orang. Lalu dari 12 orang ini, kita telah melakukan seleksi administrasi dan 6 orang tidak memenuhi administrasi, sisanya lolos,” paparnya.

Kemudian, lanjut dia, keenam orang yang lolos itu diseleksi lagi, tinggal empat orang yang memenuhi syarat. “Keempat ini kemudian dilakukan seleksi susulan, berupa penulisan paper yang secara langsung dikerjakan di tempat, dengan memuat 4 topik. Salah satunya proses pemerintahan, kordinasi pembangunan, pembinaan aparatur sipil negara dan keuangan. Mereka memilih salah satu dari empat topik itu, setelah mereka menuliskan dengan durasi waktu yang kita tentu, baru kita lakukan wawancara pendalaman. Dari pendalaman itulah kita ambil kesimpulan dari semua penilaian kami secara mandiri dan obyektif, maka kita ambil tiga orang untuk diserahkan kepada Bupati,” paparnya.

Dia juga berterimakasih kepada BKD Humbahas yang tanggap mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan Tim Pansel, untuk proses seleksi calon Sekda ini. “Demikian juga kepada Bupati dan Wakil Bupati yang memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjadi tim seleksi pejabat Sekda (eselon IIa) di Kabupaten Humbahas,” katanya.

Sementara Wakil Bupati mengatakan, setelah tiga nama calon Sekda itu sampai di tangan Bupati, diharapkan Bupati dapat memilih Sekda Humbahas defenitif yang memiliki SDM yang baik dan mantap.Kepala BKD Humbahas Domu Lumban Gaol mengatakan, sebelum dipilih Bupati, pihaknya terlebih dulu konsultasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta, lalu berkoordinasi dengan Gubsu. Setelah itu diserahkan ke Bupati untuk dipilih dan dilantik sebagai Sekda Humbahas defenitif.

Kepala Kantor Regional VI BKN Medan Prastyono C Yulianto mengatakan, jika seleksi calon Sekda dilakukan Tim Pansel, biasanya KASN langsung merekomendasikannya untuk segera dipilih oleh Bupati. Karena seleksi yang dilakukan Tim Pansel merupakan salah satu tahapan untuk mengangkat seorang calon Sekda. “Memang untuk mengangkat dan memilih seorang calon Sekda harus dilakukan lelang terbuka dengan diuji Tim Pansel. Tim Pansel sendiri dipilih Bupati, seperti kami sekarang ini, terdiri dari pakar, perguruan tinggi, pensiunan dan lainnya,” katanya. (A11/q)

Keterangan foto

SERAHKAN: Tim Pansel calon Sekda Humbahas menyerahkan tiga nama calon Sekda kepada Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora didampingi Kepala BKD Humbahas Domu Lumban Gaol. Penyerahan nama itu dilakukan anggota Tim Pansel Dr RE Nainggolan MM (anggota) mewakili Ketua Tim Pansel Ibnu Hutomo yang juga Plt Sekdaprovsu, didampingi Sekretaris Pansel Bonar Sirait (Kepala BPSDM Provsu), Kepala Kantor Regional VI BKN Medan, Prastyono C Yulianto (anggota Pansel) dan Artha Hutahean (anggota Pansel) dari akademisi di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Medan Jalan TB Simatupang Medan, Selasa (17/4).